Perkantoran

 

Kurikulum Administrasi Perkantoran

Modul SMK Administrasi Perkantoran

Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2004 untuk Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran.

Ada 18 kompetensi di dalam kurikulum itu:

  1. Bekerja sama dengan kolega dan pelanggan.
  2. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja.
  3. Berkomunikasi melalui telepon.
  4. Menggunakan peralatan kantor.
  5. Merencanakan dan melakukan pertemuan.
  6. Melakukan prosedur administrasi.
  7. Mengikuti aturan kerja sesuai dengan lingkungan kerja.
  8. Menjaga dan melindungi budaya kerja.
  9. Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen.
  10. Menangani surat masuk dan keluar.
  11. Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas.
  12. Mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah.
  13. Menghasilkan dokumen sederhana.
  14. Menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen.
  15. Mengatur perjalanan bisnis.
  16. Memberikan pelayanan kepada pelanggan.
  17. Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi.
  18. Memproses transaksi keuangan.

Berdasarkan 18 kompetensi kurikulum dan isi materi, bertujuan mempersiapkan tenaga lulusan yang sanggup dipekerjakan sebagai:

  • Sekretaris, yaitu sekretaris organisasi atau sekretaris kantor, atau sekretaris perorangan pimpinan, atau sekretaris pribadi tokoh masyarakat;
  • Manajer kantor, yaitu pimpinan sebuah kantor administrasi baik pemerintah maupun swasta, kantor lembaga pemerintah maupun kantor badan usaha swasta;
  • Pegawai administrasi yaitu karyawan kantor yang menangani urusan administrasi perkantoran, baik pemerintah maupun swasta.

kurikulum ini membahas secara meluas materi-materi perkantoran yang berkaitan dengan pekerjaan tiga jenis profesi: sekretaris, manajer kantor, dan pegawai administrasi

Artikel modul terkait silahkan download

  1. Kumpulan Modul Kompetensi Kurikulum Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran.

2 . Silabus dan RPP

 

Silabus Dan Rpp Administrasi Perkantoran Blogs (Akuntansi 
16 Okt 2011  Program Pembelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran … Tags: modulmengaplikasikan ketrampilan 
http://www.karr.net

Program Pembelajaran Memahami Prinsip-Prinsip 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. Nama Sekolah : SMK ULIL ALBAB. Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran. Mata Pelajaran : Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi. Perkantoran. Kelas/Semester : X / I (Satu). Alokasi Waktu : I Pertemuan (3 jp x @45menit). Pertemuan ke : I. KKM : 70  Perkantoran Semester 2 ·Modul Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi PerkantoranModul masih dalam perbaikan  Read More.. 

Buku dan Modul SMK | Silabus RPP | Info Sertifikasi Guru | Aplikasi 

Buku dan Modul SMK saat ini di internet jarang sekali yang dapat diunduh. Jikalaupun berbeda, buku dan modul tersebut setidaknya dapat dijadikan acuan dalam menyusun bahan ajar.  Buku dan Modul SMKAdministrasi perkantoran  Read More.. 

Sinopsis: Modul Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan 

Sinopsis: Modul Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran. B idang Studi Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Studi Keahlian Administrasi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Read More..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: